Tuesday, October 30, 2007

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Web(blog)

  1. Kegunaan/fungsi. Harus ditentukan web/webblog kita berfungsi sebagai apa. Hal ini menentukan seperti apa web yang akan kita tampilkan. Baik dari isi maupun design secara keseluruhan.
  2. Tujuan. Tentukan tujuan web/web blog yang akan kita bangun. Apakah hayna sharing informasi, profit non profit, edukasi, entertaint atau influence.
  3. Target Pengunjung. Tentukan siapa yang akan kita jadikan target visitor web kita, sesuai dengan tujuan tadi. Dikaitkan dengan teori pemasaran. Target pengunjung harus disegmentasikan dengan jelas. Baik dari usia, jenis kelamin, status social, pendidikan, dll. Ini menentukan isis tulisan yang akan disampaikan.
  4. Content/Isi. Kita harus persiapkan isi/materi yang akan ditampilkan dalam web site/blog kita, yang secara langsung mendukung atau mengarah pada pencapaian tujuan web site kita.
  5. Gaya/style. Ini terutama perpengaruh besar pada lay out dan gaya tulisan yang disajikan. Jelas, gaya web site kita harus sesuai dengan tujuan dan target pengunjung kita.
  6. Teknologi. Menentukan teknlogi infomatika yang mendukung pembangunan web site kita. Apakah cukup menggunakan html saja, atau perlu didukung bahasa pemrograman seperti php.

No comments:

Stikom's CD Profile

Sebuah Catatan Dan Tutorial Blog Sebagai Media Baru