Tuesday, October 30, 2007

Langkah Pembuatan Design Web(blog)

  1. Membuat sketsa design. Sejumlah designer sering membuat suatu interface web dalam bentuk sketsa. Tapi ada juga yang langsung membuat lay out design dengan menggunakan software.
  2. Membuat lay out design. Setelah sketsa jadi dan ditentukan, kita bisa menggunakan sejumlah program seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhakus sketsa design.
  3. Membagi gambar ke dalam potongan-potongan kecil/slicing. Ini ditujukan untuk mempermudah download. Proses ini bisa menggunakan sotware Adobe Image Ready atau Macromedia Fireworks. Software ini bisa langsung membagi gambar ke dalam potongan-potongan tertentu dan langsung menjadikannya ke dalam format html.
  4. Membuat Animasi. Animasi diperlukan untuk menghiduplan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gift Construction Set dapat digunakan.
  5. Membuat HTML. Kita merapikan lay out design kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script html, membuat lay out form ke dalam format html. Untuk itu kita memerlukan software html editor seperti macromedia dreamweaver, Microsoft frontpage dan allaire homesite.
  6. Programming dan script. Untuk menampilakn informasi database. Di antaranya menggunakan PHP.
  7. Evaluasi atau test. Semua fungsi ditest sehingga tidak ada yang error
  8. Upload html. File html kita upload beserta gambar dan scriptnya ke suatu tempat atau hosting, agar semua orang di dunia dapat mengkases halaman hmtl kita.
  9. Promosi website. Mendaftarkan web kita di search engine.

No comments:

Stikom's CD Profile

Sebuah Catatan Dan Tutorial Blog Sebagai Media Baru